on Sabtu, Februari 06, 2010
Label


Washington : Nampaknya rencana rencana peluncuran buku digital gagasan Google masih harus ditunda sementara. Departemen Kehakiman Amerika Serikat masih berkeberatan dengan rencana tersebut, karena terkait dengan undang-undang anti pembajakan dan hak cipta keluaran  Amerika Serikat, demikian rilis situs BBC, Sabtu (6/2).

Pihak penjual buku eceran secara online di situs Amazon, dikabarkan juga berkeberatan seraya menuduh rencana Google untuk memindai dan mendistribusi jutaan buku secara online mengarah ke usaha monopoli. Google pernah dipaksa mengubah rincian perjanjian kerjasama dalam pembuatan buku digital 2009 lalu, oleh Departemen Kehakiman AS, karena dianggap monopoli dan membawa keuntungan bagi Google saja. 

Dalam surat perjanjian tersebut secara jelas tercantum bahwa hanya pihak Google yang punya hak mendistribusi dan menjual buku dalam bentuk apapun yang telah dibeli hak ciptanya. Kasus Google saat ini, sedang ditangani pengadilan distrik dipimpin oleh Hakim Distrik Denny Chin. Pengadilan ini diharapkan bisa mengeluarkan keputusan tanggal 18 Februari ini.(AYB) LIPUTAN6.COM

0 komentar:

Search